Analisis Film "UP" Terhadap Nilai Kenanusiaan dan Kesetiaan. Semiotika Ferdinand De Saussure.

 Nama : Muhammad Ridho Fadilah


NPM : 202146500821


Kelas : R4K




Nama : Rivai Nurhadi


NPM : 202146500839


Kelas : R4K





ABSTRAK 


Objek penelitian yang dipilih adalah film animasi digital karya Pete Docter, yaitu UP. Film animasi UP adalah sebuah film fiksi dengan genre drama, karena jangkauan cerita yang berhubungan dengan potret kehidupan nyata manusia. Peneliti ingin mengetahui seberapa banyak frekuensi pesan kesetiaan yang terdapat dalam film animasi “UP”. Pesan kesetiaan dapat dikatakan sebagai sebuah keputusan seseorang dalam menjalani sebuah hubungan dengan pasangannya atau antar sesama manusia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kemanusiaan seperti kesetiaan dan berbakti serta menghotmati kepada orang yg lebih tua. Pesan dalam film tujuannya sekedar menghibur, memberi penerangan, atau mungkin kedua-duanya.


Film "UP" adalah film petualangan komedi-drama animasi CGI Amerika 2009 yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini berpusat pada seorang duda tua bernama Carl Fredricksen dan seorang anak lelaki yang sungguh-sungguh bernama Russel. Dengan mengikat ribuan balon ke rumahnya, Carl berangkat untuk memenuhi mimpinya untuk melihat belantara Amerika Selatan dan menyelesaikan janji yang dibuat untuk mendiang istrinya, Ellie. Film ini disutradarai oleh Pete Docter dan disutradarai oleh Bob Peterson. Penelitian ini dibuat berdasarkan ketertarikan peneliti pada jenis film animasi (kartun) karena keunikan, tingkat kesulitannya dan lebih khususnya ada pada isi (pesan) cerita dari sebuah film animasi.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah setiap adegan yang diselesaikan melalui akting dan dialog yang menunjukkan unsur pesan kesetiaan yang sesuai dengan kategori yang telah ditentukan dalam film animasi UP. Teori yang digunakan menggunakan Semiotika dari Ferdinand De Saussure, Setelah menganalisis maka dapat diketahui bahwa film "UP" memiliki pesan dan nilai terhadap kemanusiaan serta berubungan dengan sikap kesetiaan dan rasa hormat kepada orang tua.


Dapat disimpulkan dari penelitian yang dibuat, Dalam petualangannya yang penuh dengan rintangan, mereka berdua bertemu dengan Kevin (pencari burung raksasa), Dug (pencari anjing), dan Charlez Muntz (seorang petualang idola Carl). Dari hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan pengkodingan data, terdapat scene film animasi UP yang mengandung pesan kesetiaan. Pesan kesetiaan juga muncul dari film UP melalui gerak, visual, suara, yang diperankan tokoh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengindentifikasi Mitos, Metafora dan Metomini dalam sebuah karya Film "UP"

Tugas 1 Semiotika pada objek yamg ada di sekitar kita